7 Cara Mengatasi Perut Kembung dan Bergas Sela「Weide Sports」ma Kehamilan

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Taruhan lotre

2. Olahraga

OWeide Weide SportssportslWeide Sportsahraga tidak hanya membantu ibu hamil tetap bugar secara fisik dan emosional, tetapi juga membantu mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan. 

Beberapa makanan yang dikonsumsi dapat menyebabkan gas. Selain itu, vitamin prenatal (terutama yang mengandung komponen zat besi) juga dapat menyebabkan sembelit.

Hormon progesteron adalah salah satu penyebab utama gas berlebih selama kehamilan. Selama kehamilan, tubuh akan memproduksi lebih banyak progesteron untuk mendukung kehamilan. Demikian seperti dilansir Healthline, Minggu (12/2/2021).

Begitu usia kehamilan semakin tua, peningkatan tekanan dari rahim yang sedang tumbuh di rongga perut dapat memperlambat pencernaan dan menyebabkan lebih banyak gas.

Meski tak berbahaya, kondisi wajar selama kehamilan ini sangat mengganggu.

Cara mengatasi gas berlebih

Hal ini memungkinkan gas menumpuk, sehingga menyebabkan perut kembung, bersendawa, dan perut kembung.

Baca juga: Jangan Spelekan, Stres Selama Kehamilan Berefek Buruk pada Otak Bayi

1. Minum banyak cairan

Terlalu banyak gas yang membuat tidak nyaman dan bahkan kadang menyakitkan ini, umumnya disebabkan karena sembelit. Dan bisa bertambah buruk seiring meningkatnya usia kehamilan.

Air adalah pilihan terbaik untuk mengurangi gas berlebih. Usahakan untuk minum delapan sampai 10 gelas setiap hari.

Sebenarnya, mengapa kehamilan membuat Anda sering kentut?

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kehamilan Anak Kembar Dipengaruhi Posisi Bercinta

Kemudian, progresteron akan melemaskan otot-otot usus yang mengakibatkan otot usus bergerak lebih lambat dan membuat pencernaan Anda melambat.

Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum memulai program olahraga apa pun selama kehamilan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Jika gas yang dikeluarkan menyebabkan rasa sakit atau kembung yang parah, Anda mungkin mengalami sindrom iritasi usus besar (IBS), dalam hal ini pastikan jus yang Anda minum rendah gula pemicu kembung, yang disebut FODMAP. 

KOMPAS.com - Ketika hamil, terkadang tubuh terasa dipenuhi oleh gas. Akibatnya ibu hamil sering mengalami perut kembung atau buang angin.

Aktivitas fisik dan olahraga harus menjadi bagian dari rutinitas harian. Jalan kaki bisa menjadi pilihan dan usahakan setidaknya berolahraga selama 30 menit.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gas berlebih selama kehamilan. Berikut di antaranya:

"Tubuh Anda mengalami banyak perubahan selama kehamilan, dan sayangnya gas adalah hasil tidak nyaman dari beberapa proses tubuh yang sangat normal," ungkap Sheryl Ross, MD, seorang Obgyn dan pakar kesehatan wanita di Pusat Kesehatan Providence Saint John, Santa Monica, California.